Selamat Datang di Website SMK NEGERI TAMAN FAJAR. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


SMK NEGERI TAMAN FAJAR

NPSN : 10110368

Jl.Raya Banda Aceh - Medan Km.392 Gp. Alue Nibong Peureulak Aceh Timur


info@smkntamanfajaratim.sch.id

TLP : (0646)31112


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 38835
Pengunjung : 21221
Hari ini : 28
Hits hari ini : 53
Member Online : 1
IP : 75.101.220.230
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

OTORITAS GURU




Setiap guru memiliki kewenangan yang diatur oleh Undang-undang dalam hal proses belajar mengajar. Kewenangan itu sebut saja sebagai sebuah otoritas yang menjadi hak guru selagi tidak mengganggu hak orang dan atau guru lain. Sejatinya setiap guru tentu merancang pembelajaran yang akan diterapkan pada sebuah rombongan belajar dengan memposisikan ciri belajar siswa aktif dengan menempatkan siswa sebagai subyek bukan objek belajar.

Tetapi,rencana hanya tinggal rencana. Seiring rencana yang direncanakan berjalan tidak selalu sesuai dengan apa yang telah direncanakan atau rencana harus segera disesuaikan dengan fakta di lapangan. Pemikiran ini akan tentu terbantah dengan pemikiran pemikir yang memikirkan sebuah kepastian tanpa mempertimbangkan bahwa perubahan sebenarnya adalah sesuatu hal yang menjadi kepastian itu sendiri.

Nah, kali ini saya mau berbagi cerita mengenai situasi kelasku. Karena sudah lama sepertinya saya tidak berbagi cerita kelasku dengan kamu. Mungkin sedikit banyak bisa menginspirasi rekan-rekan sejawat lainnya. Metode ini kunamakan "Ngopi Bareng" ya begitulah saya menamainya. Siswa diberikan materi berbeda untuk dipahami kemudian didiskusikan dengan beberapa orang temannya agar teman diedukasi oleh temannya melalui cara-cara santai ala warung kopi.

Sedangkan teman lainnya menanti giliran untuk maju ke meja warkop yang telah disiapkan sambil menonton penampilan rekan-rekannya. Dua orang siswa dibebaskan dari materi karena mereka mendapat tugas dokumentasi. Hasil dokumentasi berupa Video yang rencananya akan di tampilkan pada TV sekolah agar bisa disaksikan oleh yang ingin menyaksikannya,termasuk orang tua wali siswa nantinya.

Mengapa harus "ngopi bareng" ? Jawabku ya sederhana saja. Warung kopi adalah kearifan di Aceh. Banyak Informasi, bertukar pikiran dan pendapat di tempat itu. Bahkan, transaksi para pebisnis pun kerap terjadi disana. Wawasanpun bertambah saat ngopi melalui interaksi timbal balik yang terjadi.

Kesimpulannya, belajar itu harus menyenangkan dan punya tujuan. Terserah apapun caranya yang penting sampai pada tujuan pembelajarannya. dan setelah tujuan tercapai ngopi untuk menyehatkan pikiran. agar bek panik. Keep smile untuk seluruh rekan sejawat. D)

  

 



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas