Selamat Datang di Website SMK NEGERI TAMAN FAJAR. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


SMK NEGERI TAMAN FAJAR

NPSN : 10110368

Jl.Raya Banda Aceh - Medan Km.392 Gp. Alue Nibong Peureulak Aceh Timur


info@smkntamanfajaratim.sch.id

TLP : (0646)31112


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 38838
Pengunjung : 21221
Hari ini : 28
Hits hari ini : 56
Member Online : 1
IP : 75.101.220.230
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Kegiatan Produktif TEAM SAPALA SMKN Taman Fajar




Team SAPALA (Siswa Pecinta Alam) dari SMKN TAman Fajar membudidayakan Tanaman Kacang Panjang dan Kangkung. Kegiatan ini dibina oleh Said Abdul Fatah dan diketuai oleh Abdul Rahman Siswa Kelas XI Jurusan TLM. Kacang panjang sudah tidak asing lagi terdengar ditelinga kita. Kacang panjang (Vigna Sinensis) merupakan salah satu jenis sayuran dari famili leguminosa yang banyak tumbuh di dataran rendah. Tanaman kacang panjang ini relatif mudah untuk dibudidayakan. Selain itu, tanaman ini juga banyak mengandung nutrisi seperti protein, karbohidrat, lemak, serat, kalsium, zat besi, vit B1, vit B2


Kacang panjang mengandung sederet antioksidan yang penting untuk tubuh, seperti vitamin C, riboflavin, dan betakaroten. Kacang panjang mengandung vitamin C yang cukup untuk memenuhi 31 persen dari kebutuhan harian Anda, yaitu sekitar 19 miligram. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang larut dalam air, dan ketika asupan vitamin C Anda terpenuhi, ini membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan menjaga elastisitas pembuluh darah. Kacang panjang yang mulai tumbuh merambat mengharuskan Anggota Team SAPALA untuk memberikan Ranting/Tongkat agar tumbuhan kacang panjang dapat tumbuh dengan sempurna.


Sedangkan Kangkung (Ipomoea aquatica Forsk.) adalah tumbuhan yang termasuk jenis sayur-sayuran dan ditanam sebagai makanan. Kangkung banyak dijual di pasar-pasar. Kangkung banyak terdapat di kawasan Asia dan merupakan tumbuhan yang dapat dijumpai hampir di mana-mana terutama di kawasan berair. Masakan kangkung yang populer adalah ca kangkung bumbu tauco atau terasi, juga di wewarungan terdapat pelecing kangkung lombok.Kangkung membutuhkan banyak air dalam pertumbuhannya, namun perawatannya cukup mudah. Kangkung memiliki kalori dan lemak yang rendah, namun daunnya mengandung banyak vitamin dan kaya akan antioksidan serta mineral.


Walau banyak manfaat kangkung, ternyata konsumsi berlebih juga tidak baik. Mengonsumsi kangkung secara berlebihan dapat menyebabkan kantuk. Terdapat senyawa-senyawa dalam kangkung yang menekan susunan syaraf pusat, diduga senyawa tersebutlah yang menyebabkan efek sedasi atau anestesi untuk menenangkan.


Dengan adanya Kegiatan di luar kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah atau yang kerap disebut sebagai kegiatan ektrakurikuler (ekskul) merupakan media penunjang untuk menumbuhkan minat dan bakat siswa, selain dari pengembangan keterampilan akademis di sekolah. Selain siswa harus dipenuhi keterampilan akademis, alangkah baiknya peserta didik pun harus diberikan kegiatan penunjang untuk menyalurkan hobi atau minat di bidang tertentu. Mari kita pahami dengan nalar/logika yang sehat dan objektif bahwa sesungguhnya potensi para pelajar dan generasi muda/remaja bukanlah sebatas pada aspek akademis saja, namun siswa/pelajar dan remaja-remaja yang lainnya juga memiliki potensi di bidang non-akademis.


Ekskul itu diadakan tidak lain untuk memberikan ruang pengembangan keterampilan di bidang tertentu, seperti kelompok pencinta alam ( SAPALA ), seni, olahraga, hobi, wirausaha dan keterampilan lainnya, Selain untuk menyalurkan minat dan bakat untuk pengembangan kreatifitas, Ekskul juga dapat menjadi alternatif menyalurkan emosi siswa yang sedang menyukai sesuatu aktifitas tertentu. Yang harus kita pahami juga adalah bahwa, emosi siswa yang tergolong pada usia labil dan mudah terpengaruh itu, maka ekskul berperan sebagai filter ( saringa penyekat) dan sekaligus menyalurkan emosi secara positif, proporsional, efektik, efisien ( murah meriah) dengan mengarahkan semua bakat siswa tetap dengan pedoman kebijakan masing-masing sekolah dengan harapan agar para siswa didik tidak terjebak kepada hal-hal yang negatif.


Adapun manfaat serta peranan dari kegiatan Kelompok Pencinta Alam di sekolah yang lebih popular dengan istilah “EKSKUL SAPALA” diantara nya adalah :


1. LATIHAN DAN PEMBINAAN KARAKTER DAN MENTALITAS
2. SARANA LATIHAN PRAKTIS DALAM MENUMBUHKAN RASA EMPATI, KEPEDULIAN KEPADA
ALAM SEMESTA DAN LINGKUNGAN HIDUP SERTA SOSIAL KEMASYARAKATAN
3. AJANG PEMBINAAN UNTUK MENUMBUHKAN RASA CINTA KEPADA TANAH AIR
4. SARANA LATIHAN PRAKTIS MENGELOLA SEBUAH ORGANISASI YANG BAIK
5. MENANAMKAN KESADARAN AKAN KEBESARAN TUHAN DENGAN BERBAGAI KEINDAHAN CIPTAANNYA YANG TERHAMPAR DI BUMI DAN ALAM SEMESTA INI
6. MEDIA PRAKTEK BAGI YANG BERKAITAN DENGAN BERBAGAI MATERI PELAJARAN SEKOLAH ( FISIKA, KIMIA, BIOLOGI, IPS DLL)
7. PEMBINAAN BUDI PEKERTI SISWA
8. LATIHAN AWAL DARI MENGHADAPI TANTANGAN KEHIDUPAN INI YANG SANGAT KERAS
9. LATIHAN KEDISIPLINAN, PENDEWASAAN DIRI, BERTANGGUNG JAWAB



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas